» » Artikel "Hubungan Didaktik dengan Metodik"


Hubungan Didaktik dengan Metodik
Oleh : Warnadi

Untuk mengetahui hubungan antara didaktik dan metodik perlu diperbincangkan lebih dahulu lingkaran permasalahan Didaktik dan Metodik itu, setelah itu barulah kita mengetahui garis temu antara kedua lingkaran tersebut.

Didaktik berarti ilmu mengajar yang didasarkan atas prinsip kegiatan penyampaian bahan pelajaran sehingga bahan pelajaran itu dimiliki oleh siswa. Kegiatan yang dimaksud ialah kegiatan langsung yang timbul didalam pergaulan siswa dengan gurunya. Dengan kata lain kegiatan apa yang dimainkan oleh guru dalam menyajikan bahan pelajaran itu. Apakah ia dapat menarik minat, motivasi, atau mengaktifkan siswa atau tidak?. Oleh karena kegiatan itu bertujuan untuk mempengaruhi siswa atau anak didik, maka karakteristik-karakteristik pribadi anak didiklah yang menjadi sasaran didaktik. Psikologi pada umumnya dapat menyumbangkan asas-asas didaktik itu, seperti motivasi, aktivitas, minat, persepsi, peragaan, individualitas, korelasi, konsentrasi, integrasi, penghayatan, penghargaan pengakuan lingkungan dan sebagainya.

Menurut sejarahnya, Johann Amos Comenius (1592-1670) adalah tokoh pertama yang memformulasikan ide didaktik itu. Ia terkenal dengan bukunya yang bernama “Didactica Magna” yang dalam penerbitannya yang pertama (1632) ditulis dalam bahasa Ceko.

Dalam pasal 2 bab 17 dari buku Didactica Magna itu disebutkannya bahwa pengajaran akan menjadi mudah, jika diikuti langkah-langkah:

1. Jika pengajaran dimulai awal benar, sebelum jiwa rusak.

2. Jika jiwa telah sedia untuk menerimanya.

3. Jika dimulai dari yang umum kepada yang khusus.

4. Jika dimulai dari yang mudah kepada yang sukar.

5. Jika siswa tidak dibebani dengan mata pelajaran yang banyak.

6. Jika pelajaran berangsur-angsur maju dengan perlahan-lahan dalam setiap hal.

7. Jika kecerdasan tidak dipaksa untuk suatu yang belum mengarah kepada kecenderungan

    dan harus sesuai dengan umur dan metode yang benar.

8. Jika segala sesuatu diajarkan dengan media pengertian.

9. Jika penggunaan segala sesuatu pengajaran berkesinambungan.

10. Jika segala sesuatu diajarkan dengan satu dan metode yang sama.

Jika diformulasikan maka Didaktik itu bergerak dalam lingkaran penghidangan bahan pelajaran sewaktu pelajaran sedang berlangsung. Sedangkan Metodik bergerak didalam lingkaran penyediaan jalan atau siasat yang akan ditempuh. Jadi, garis sentuh yang menghubungkan antara Didaktik dengan Metodik terletak pada titik persiapan pengajaran.

Pengajaran yang diharapkan akan berjalan baik dimulai dari pemilihan metode mengajar dan kemudian atas dasar metode yang dipilih itu dipersiapkan kegiatan penghidangan bahan pelajaran. Kegiatan yang demikian itulah yang disebut dengan Metodik Khusus.

Lihat ini  Juga:

About Warnadi nardi

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: