» » LINTAS SEJARAH, NEGARA FILIPINA

FILIPINA

Filipina adalah negara yang terdiri atas 7.107 pulau di Samudra Pasifik. Pulau terbesarnya adalah Luzon.

Keseluruhan luas daratan hampir sama dengan Italia, tetapi tersebar di daerah yang luasnya tiga kali luas Italia. Gempa bumi sering terjadi dan disana ada beberapa gunung berapi yang masih aktif. Bagian Samudra Pasifik ini juga sering dilanda topan hebat yang dapat berhembus sewaktu-waktu antara bulan Juni dan Desember. Di Filipina dikenal 3 musim, yakni musim hujan dari bulan Juni sampai  Oktober, musim dingin dari bulan November sampai Februari, dan musim panas dari bulan Maret sampai Mei.

Sebagian besar daerah Filipina diselimuti oleh hutan tropis yang lebat dan kayu merupakan ekspornya yang penting. Beras merupakan tanaman panennya yang utama. Sawah-sawahnya yang berbentuk terasering berusia lebih dari 2000 tahun.

Kota-kota di Filipina sangat hidup dan sibuk. Cara paling baik untuk berpergian di kota adalah dengan naik bus kecil yang dinamakan “jeepney”. Setiap bus dicat dengan warna-warna cerah, dilengkapi dengan rumbai-rumbai, bel, dan rantai yang menggantung di bemper, serta beberapa klakson yang dibunyikan oleh para pengemudinya.

Kilas balik
Kepulauan Filipina pernah dijajah oleh Spanyol selama 300 tahun dan nama negeri ini mengambil nama Raja Philip II dari Spanyol. Amerika Serikat mengambil alih kekuasaan selama paro pertama abad XX dan Filipina merdeka pada tahun 1946 setelah 3 tahun diduduki oleh Jepang. Kini banyak orang Filipina berbicara dalam bahasa Inggris dan bahasa Filiphino, bahasa nasional mereka.

Area 300.000 km2

Ibu kota Manila

Populasi 58.115.000 jiwa

Bahasa Filipino, Inggris,Spanyol, Cebuano, dll

Agama Kristen, Islam

Pemerintahan Republik

Mata uang 1 peso Filipina = 100 centavo

About Aria Kurnain

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: