» » PANDANGAN TENTANG KEPENDIDIKAN



Sahabat blogger, konsep pendidikan menjadi sebagian dari prinsip – prinsip kerja dalam mengelola setiap satuan pendidikan maupun keseluruhan satuan pendidikan, serta melaksanakan seperangkat kegiatan belajar mengajar disekolah maupun diluar sekolah.konsep pendidikan sangat berkaitan erat, bahkan dapat dikatakan terpusat pada kosep tentang manusia. Oleh karena itu konsep pendidikan secara potensial turut mendorong berkembangnya pemikiran tentang hakekat manusia. Konsep pendidikan secara langsung maupun tidak langsung dapat berguna bagi upaya peningkatan kelancaran dan keberhasilan praktiek pendidikan, baik dalam bentuk kegiatan pendidikan maupun pengelolaan pendidikan.
Pengenalan yang mantap tentang konsep-konsep pendidikan ( prinsip-prinsip pendidikan ) sebagai wawasan pendidikan dari pendidik / pengelola pendidikan dalam melaksanakan tugasnya.
1.    Pengertian pendidikan
Pada hakekatnya yang disebut pendidikan adalah pengaruh, bimbingan, arahan dari orang dewasa kepad anak yang belum dewasa agar menjadi dewasa, mandiri dan memiliki kepribadian yang utuh dan matang. Kepribadian yang dimaksud adalah semua aspek yang ada sudah matang yaitu mwliputi cipta, rasa dan karsanya.
Berarti perbuatan yang dilakukan oleh pendidikan tersebut sadar. Pengaruh yang diberikan oleh pendidik itu selalu ditujukan untuk membentuk pribadi, jadi selalu menanamkan nilai – nilai , termasuk nilai moral, budi pekerti, etika estetika, karakter. Diharapkan setelah mereka dewasa menjadi insan yang berguna bagi dirinya sendiri dan bagi nusa, bangsa, negara dan agama.
Peerta didik mulai tidak mengerti bahwa mereka di didik atau dipengaruhi agar menjadi manusia yang baik, tetapi setelah matang akhirnya tahu juga. Kemarangan anak penting sekali  untuk diketahui oleh pendidikan supaya pengaruh yang diberikan tepat memenuhi perkembangan – perkembangan anak, jiwa anak dan masa peka anak.
Secara tepritis pendidikan itu akan berakhir jika anak telah dewasa atau telah berkeluarga. Dewasa ini dalam pengertian secara integral, menyeluruh yaitu usianya, pikirannya, perasaannya, kemauannya, sehingga bertingkah laku dewasa, tidak kekanak – kanakan. Sebelum bertindak harus dipikirkan masak – masak, jangan sampai menyinggung orang lain. Segala tingkah laku nya dapat dipertanggung jawabkan oleh orang tersebut ( diri sendiri yang berbuat ).
Pada saat ini da istilah pendidikan berlangsung sepanjang hayat, seumur hidup maksudnya setelah dewasa ( tujuan pendidikan secara teoritis ), lalu orang tersebut belajar terus untuk meningkatkan kemampuannya, namun kegiatan ini atas  tanggung jawab sendiri, bukan tanggung jawab orang tuanya. Jadi kegiatan ini lebih bersifat belajar seumur hidup atau mengenyam pendidikan untuk mendapatkan  ilmu pengetahuan atau teknologi yang sebanyak – banyaknya.
Dengan uraian ini kedua pengertian itu semuanya benar, istilah nya sama yaitu pendidikan, namun konteknya saja yang berbeda.
Demikain sekilas tentang pengertian pendidikan semoga semua ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam kontek mencerdaskan kehidupan bangsa.  

About Sahruji Uzzey

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: