» » » BAHAN RENUNGAN " PADAMU NEGERI "

Mohon maaf Bapak Ibu serta rekan semua, mohon jadi renungan.

Menurut saya, pada dasarnya Program2 online yg di sajikan oleh Kemendiknas untuk guru merupakan salah satu gerakan dimana para guru/PTK dapat belajar mengoperasikan komputer. Minimal untuk dirinya sendiri agar dapat menyesuaikan kemajuan zaman (tidak gaptek).

Seperti halnya Aktivasi PTK dan Pengisian EDS serta Data Rincian NUPTK pada Padamunegeri. Para PTK diharapkan secara langsung mengisinya sehingga pengalaman dari aktivitas tersebut merupakan langkah awal untuk sebuah proses sebagai guru yg berkompetensi. Pengalaman itu tidak ada yg menjualnya, pepatah mengatakan "Pengalaman adalah guru yg terbaik. Agar BISA, awalnya dari BELAJAR, lebih sering lagi maka akan biasa dan akhirnya mahir.

Kemungkinan besar hal terburuk ialah, PTK yang bersangkutan menyuruh orang lain melakukan hal tersebut, terlebih lagi didaerahnya sendiri  akses internet ada dan masih dapat dijangkau. Terkecuali wilayah yg jauh dari jangkauan internet dan foktor2 lainnya sehingga masih ada pengecualian yg bersangkutan meminta bantuan orang lain.

Mungkin dengan UANG mudah membeli jasa tersebut, namun akhirnya PTK sendiri akan ketergantungan. Kapan anda bisa sendiri?

Berawal dari tahun 2013 ini program2 disajikan secara online, belum lagi nanti PNSmail awal tahun 2014 :D (sedangkan didalamnya itu ada data rahasia milik ybs) serta banyak lagi program2 online lainnya yg tidak kita ketahui nantinya.


HARAPAN BESAR UNTUK REKAN/KAWAN2 OPERATOR
Tidak dipungkiri bahwa hal2 yg berbau online seperti halnya PADAMUNEGERI ini merupakan salah satu peluang dari beberapa OPS untuk mendapatkan sedikit rejeki.
Dan tidak menutup ada rekan2 OPS ada yg beriklas diri membantu tanpa dibayar. Apapun bentuknya membantu, harapan saya ialah mari kita bantu guru/PTK tersebut dengan cara OPS bekerja.
Mari kita dampingi mereka dalam melakukan aktivitas tersebut, biarkan mereka mengisi sendiri apa yg harus GURU/PTK isi sesuai harapan program.
Hal tersebut sangat menguntungkan bagi OPS. Mengapa saya sebut demikian? Guru/Kepsek di sekolah anda akan tahu bagaimana cara Anda belajar,bekerja,memahami langkah2 program tersebut, leletnya akses internet,susah payahnya Anda yg bisa begadang setiap malam,bertanya kesana kemari dll.
Minimal mereka merasakan sedikit apa yg Anda kerjakan sebelumnya untuk mereka.Toh yg mereka isi itu juga merupakan tugas PTK sendiri (Aktivasi PTK dan Mengisi EDS serta Data Rincian)
Tugas Operator Sekolah di Padamunegeri kan cuma (klw tidak salah) mengaktivasi Sekolah,memverval Lvl 1 dan 2.
Apapun kesalahan data yg mereka buat itu adalah bukan kesalahan OPS, karena OPS hanya mendampingi,bukan mengisi.

Berbeda halnya, apabila ANDA secara keseluruhan mengisi EDS dan Data2 mereka dan ditemukan kesalahan dsnya. Bisa jadi didemo nnt :D

Terkecuali GURU/PTK tersebut terkendala akses sarana dan prasarana atau hal lain di daerahnya sehingga harus meminta bantuan lebih signifikan/full servis mungkin dapat dimaklumi.
Ini hanya sekedar opini pribadi,mohon maaf apabila salah kata.
Tidak ada niat untuk berpikir negatif.Harapan besar Pendidikan Kapuas Bisa Maju 
( LENTAR )
Sumber : FB Dinas Pendidikan Kab. Kapuas

About Aria Kurnain

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: