» » CAPACITY BUILDING PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH PALANGKARAYA.


Penjamin mutu pendidikan adalah kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan,penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, pemerintah,dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka menaikan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Berdasarkan UU NO 20 TAHUN 2003 tentang sistim pendidikan nasional pasal 35 ayat 3, pengembangan standar pendididkan  serta pemantauan dan pelaporan pencapaiannya secara nasional dilaksanakan oleh suatu badan standarlisasi, penjamin,dan pengendalian mutu pendidikan.
Dengan mengaju pada Permendiknas  No. 63 tahun 2009 tentang sistim penjaminan mutu pendidikan ( SPMP ) pasal 20 dimana dinyatakan salah satu jenis kegiatan penjamin mutu pendidikan adalah evaluasi dan pemetaan mutu satuan atau program pendidikan oleh pemerintah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten / kota.
Pemetaan mutu pendidikan telah dilakukan oleh pemerintah melaluli berbagai cara, salah satunya dengan berbasis EDS.Pemetaan mutu berbasis EDS  telah dilakukan sejak tahun 2010 dengan sasaran terbatas. Pada tahun 2013 pemetaan mutu pendidikan dengan mengikuti pola evaluasi diri sekolah (  EDS ) ini dilaksanakan dengan sasaran semua jenjang satuan pendidikan mulai SD,SMP,SMA dan SMK.Besar jumlah  satuan pendidkan yang menjadi sasaran pemetaan mutu tahun 2013 dan banyaknya pihak yang berpartisifasi dalam kegiatan ini mendorong Badan PSDMPK-PMP untuk mengoftimalkan berbagai sumber daya yang ada. Salah satu bentuk kegiatan adalah dengan mengoftimalkan penggunaan tehnologi informasi dan kominikasi ( TIK ) serta  mengintergrasikan proses pemetaan ini pemutahiran NUPTK yang saat ini menjadi salah satu media yang sangat penting dalam penjamin memberikan identitas yang baku / valid bagi para pendidik dan sekaligus sebagai acuan dalam melakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru. Berdasar hal tersebut diatas maka perlu diintergrasikan antara data yang ada dalam NUPTK dengan pelaksanaan EDS. Dengan demikian maka LPMP melaksanakan Kegiatan Capacity Building Pmetaan mutu Pendidikan tingkat provinsi untuk memberikan arahan atau dorongan bagi pelaksana sehingga pemetaan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan cepat,akurat,akuntabel, dan berkenambungan.
Dengan tujuan :
1.       Memahami latar belakang dilaksanakan pemetaan mutu pendidikan
2.       Memahami intergrasi EDS dan NUPTK dalam pelaksanaan EDS tahun 2013
3.       Memahami strategi Pelaksanaan pemetaan Mutu pendidikan
4.       Memahami mekanisme  pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan
5.       Melaksanakan langkah-langkah dalam pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan
6.       Memahami manfaat pemetaan mutu pendidikan.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan :
Kegiatan pelatihan capacity building pemetaan mutu pendidikan tk. Provinsi dilaksanakan di LPMP Provinsi Kalimantan Tengah Jl. Cilik Riwut Km 4,5 No. 74 Palangkaraya, dan dibagi dala m 3 angkatan yang dilaksanakan pada tanggal 21- 23 Juli 2013 Untuk angkatan I, tanggal 24-26 Juli 2013 untuk angkatan II, tanggal 27-29 Juli 2013  untuk angkatan III.
Nara Sumber : Nara sumber pada kegiatan ini adalah narasumber Pusat, Kasi PMS, dan Widyaiswara LPMP selaku Narasumber LPMP Provinsi Kalimnatan Tengah.
Peserta :
Para Capasity Building Pemetaan Mutu Pendidikan tk. Provinsi terdiri unsure dinas pendidikan kab./ kota, Pengawas SD,SMP,SMA, dan SMK atau stap cabang dinas pendidikan, perwakilan MKKS/KKKS/MGMP/KKG, dengan koata sebagai berikut :

Angkatan
Kab/Kota
Jumlah peserta
I
Barito selatan
26
Barito Timur
18
Barito Utara
23
Murung raya
19
Palangkaraya
19
II
Pulang Pisau
25
Gunung Mas
14
Katingan
31
Kapuas
44
III
Kotawaringin Barat
25
Kotawaringin Timur
49
Lamandau
13
Seruyan
20
Sukamara
7
JUMLAH
333
Aktfitas Fhoto2 CB :




About Aria Kurnain

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: