» » Konsumsi kopi secara teratur menyehatkan hati

Konsumsi kopi secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit autoimun hati, primary sclerosing cholangitis (PSC). Hal itu disampaikan oleh para peneliti dari Mayo Clinic pada konferensi Digestive Disease Week 2013 di Orlando, Florida, Senin (13/5).
Menurut pusat medis yang berbasis di Minnesota, Amerika, itu PSC adalah penyakit saluran empedu, yang dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan saluran lainnya yang berpotensi mengakibatkan sirosis hati, gagal hati dan kanker empedu. Dalam studi ini, para peneliti mengamati sekelompok pasien Amerika yang menderita PSC dan Primary biliary cirrhosis (PBC), serta kelompok kontrol pasien sehat yang memiliki kondisi tubuh yang baik.
Primary biliary cirrhosis atau disingkat PBC, adalah penyakit autoimun dari hati yang ditandai oleh kerusakan progresif pada saluran-saluran empedu, dan saluran intralobular akan terpengaruh pada awal penyakit.
Hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko PSC, tetapi tidak mengurangi risiko PBC. Selain itu, pasien yang menderita PSC dikatakan cenderung menghindari kopi daripada rekan-rekan mereka yang sehat, sementara pasien PSC menghabiskan hampir 20 persen lebih sedikit waktu saat mengonsumsi minuman berkafein daripada kelompok kontrol.
Selain itu, pasien yang menderita PSC dikatakan cenderung menghindari kopi daripada rekan-rekan mereka sehat, dengan pasien PSC menghabiskan hampir 20 persen lebih sedikit waktu mengkonsumsi minuman berkafein daripada kelompok kontrol.
"Meskipun jarang terjadi, PSC memiliki efek yang sangat merugikan," kata Dr Craig Lammert, seorang peneliti di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dalam sebuah pernyataan yang dilansir Red Orbit (19/5).
[des]

About Aria Kurnain

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: