» » NEGARA ASEAN

Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara, dan di pisahkan oleh laut hampir sejauh 800 km menjadi dua bagian, yaitu Semenanjung Malaysia dan Kalimantan Utara. Cuaca di Malaysia cukup panas dan basah, hujan turun dengan deras sepanjang tahun. Hutan yang lebat masih melingkupi sebagian besar negara tersebut. Kira-kira setengah dari penduduknya adalah orang Melayu Islam dan kebanyakan mereka adalah petani. Selama seratus tahun, dari 1830 sampai 1930, orang-orang Cina dan orang-orang India berdatangan untuk bekerja dan kemudian menetap. Sekarang mereka terutama menjadi pengusah atau buruh. Di bagian utara Pulau Kalimantan, banyak terdapat orang Dayak dan suku-suku lain masih tinggal di desa dalam satu rumah yang besar dan panjang.
Sebagian besar penduduk Malaysia tinggal di sepanjang Semenanjung Malaysia bagian barat. Toko-toko di jalan-jalan setiap kota terbuka bagian depannya dan tanpa jendela, sehingga Anda dapat mencium bau serta melihat apa yang mereka jual. Di daerah pedesaan terdapat banyak sekali pohon karet dan pohon palem. Minyak palem dieksport dan sebagian bahan untuk membuat margarin. Malaysia juga menghasilkan bijih timah, minyak, kelapa,beras,dan tanaman pangan lain.
 
Penduduk
Malaysia terdiri atas beberapa negara bagian yang masiang –masing mempunyai kota pelabuhan dan raja. Salah satu dari raja tersebut di pilih menjadi penguasa untuk seluruh Malaysia selama masa lima tahun. Pada abad XIX dan XX Malaysia merupakan koloni jajahan Inggris. Sesudah tahun 1957 Malaysia memperoleh kemerdekaan
Area 330.434 km2 (127.581 mil2)
Ibu kota Kuala Lumpur
Populasi 16.921.300 jiwa
Bahasa Melayu, Cina, Inggris, Tamil dan lain-lain
Agama Islam, Buddha, Hindu, Kristen
Pemerintahan Monarki Parlementer
Mata uang 1 ringgit (dollar Malaysia) = 100 sen

About Aria Kurnain

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: