» »Unlabelled » Guru SD Sangat Terpencil Perbaiki Rumah Masyarakat Dengan Biaya Sendiri Untuk Tempat Tinggal

Melihat Kehidupan Guru Didaerah Sangat Terpencil
Dinding rumah yang terbuat dari papan sudah tampak lusuh dengan plafon yang sudah tidak ada.
 Lantai Karbel di depan rumah berlobang.
Suriansyah – Atap seng sudah menghitam karena dimakan cuaca. Bahkan, ada yang sudah terlepas dari pakunya.
Rumah itu di tempati 1 keluarga dari guru SDN 1 Lawang Tamang, Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas. Bangunan yang sudah tidak layak huni ini milik masyarakat desa yang di bangun dari barang bekas.
Hingga kini, rumah tersebut tidak pernah mendapatkan bantuan perbaikan atau dibangun baru. guru yang tinggal di rumah tersebut harus mengunakan uang sendiri untuk memperbaiki sedikit demi sedikit bagian dinding rumah, lantai dan atap yang sudah rusak atau yang sudah bocor.
Suriansyah, Kepala SDN 1 Lawang Tamang prihatin dengan kondisi rumah yang dihuni guru tersebut. Kondisi rumah seperti ini sangat menganggu konsentrasi guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. selain itu guru yang tinggal  dirumah tersebut sering kemalingan setiap ditinggal pergi saat libur sekolah.

selain itu juga pada saat musim hujan sering terjadi banjir bahkan airnya masuk kedalam rumah setinggi lutut orang dewasa, sehingga dengan terpaksa tidur di atas meja sekolah yang disusun.
“Saya berharap pemerintah daerah dapat tanggap dengan kondisi ini. Mudah-mudahan ada alokasi anggaran untuk membangun rumah dinas guru di sekolah kami ini,” katanya, Jum'at (14/2).

Sejak menjadi Kepala Sekolah pada 2013 lalu, Suriansyah pernah mengusulkan pembangun rumah dinas bagi guru yang mengajar ke Dinas Pendidikan Kabupaten. Rumah yang sudah lapuk itu tidak cukup layak untuk menjadi tempat tinggal.
SDN 1 Lawang Tamang memiliki tenaga Pendidik hanya 5 orang guru saja, diantaranya 1 orang Kepala Sekolah (PNS), 2 orang Guru Kelas (PNS) dan 2 orang  guru Kelas (dari honorer) dengan jumlah siswa sebanyak 97 orang. Semua murid adalah anak-anak Desa Lawang Tamang asli.
“Baru kali ini ada guru yang mampu bertahan mengajar di sekolah kami, walaupun dengan tempat tinggal yang memprihatinkan Karena biasanya guru guru yang pernah tugas disini selalu pindah,” terangnya.
Pada 2012 lalu Kepala Sekolah SD tersebut telah memasukan Proposal "Usul Perumahan Dinas
Baru". Kenyataanya, hingga saat ini tidak pernah terealisasi.
“Apa yang harus saya tuntut kepada guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Lawang Tamang? Jika tempat tinggal mereka seperti ini kondisinya,”

About muhammad suriansyah

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: