» »Unlabelled » Padamu Negeri, AP2SG, dan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan

Sertifikasi bagi Guru Dalam Jabatan adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dalam jabatan, program ini dimulai  sejak  tahun  2007  setelah diterbitkannya  Peraturan Mendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi  bagi Guru  dalam  Jabatan. Landasan hukum yang digunakan sebagai dasar penyelenggaraan sertifikasi guru sejak tahun 2009 adalah Peraturan  Pemerintah  Nomor  74  Tahun  2008 tentang Guru Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.

Mengacu hasil evaluasi pelaksanaan sertifikasi guru tahun sebelumnya dan didukung dengan adanya beberapa kajian/studi, maka dilakukan beberapa perubahan mendasar pada pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2013, khususnya proses penetapan dan pendaftaran peserta. Perubahan-perubahan tersebut antara lain perekrutan peserta sertifikasi guru sekaligus dilakukan untuk perangkingan calon peserta tahun 2013-2015 oleh sistem terintegrasi dengan data base NUPTK yang dipublikasikan secara online, penetapan sasaran/kuota per provinsi dan kabupaten/kota berdasarkan keseimbangan usia dan keadilan proporsional jumlah peserta antar provinsi (Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Dalam Jabatan Tahun 2013, Hal. 2).


Dalam usaha menerapkan Sistem Terintegrasi dengan Data Base NUPTK yang dipublikasikan secara online, maka Pemerintah melalui BPSDMPK-PMP mulai 20 Mei 2013 - 20 September 2013 menyelenggarakan kegiatan Verifikasi dan Validasi (VerVal)  NUPTK dan EDS yang wajib diikuti oleh seluruh PTK, yang dikenal dengan Program Padamu Negeri, sebagai hasil kerja sama BPSDMPK-PMP dengan Telkomsel.

Dalam perkembangan selanjutnya, Program Padamu Negeri tidak hanya sebatas sebagai program untuk memverifikasi dan memvalidasi NUPTK (aktif/tidak aktif PTK bersangkutan), namun berkembang dengan beberapa fitur tambahan seperti Portofolio dan Pindah Sekolah Induk. 

Portofolio adalah fitur yang menyediakan fasilitas agar PTK dapat mem-printout semua data yang sudah di entry di dalam Padamu Negeri, sedangkan Fitur Pindah Sekolah Induk dapat digunakan oleh PTK yang telah dimutasi atau sudah mutasi.

AP2SG adalah kependekan dari Aplikasi Pendataan Peserta Sertifikasi Guru, aplikasi ini khusus digunakan untuk mengentry data-data guru calon peserta sertifikasi. 

Kembali ke usaha Pemerintah dalam menerapkan Sistem Terintegrasi dengan Data Base NUPTK yang dipublikasikan secara online, maka sejak tahun 2013 data yang tersimpan (database) di dalam Padamu Negeri, digunakan untuk mengentry database di AP2SG. Sehingga otomatis termasuk dan muncul di sergur.kemdiknas.go.id/sg13 sebagai Tahap 2. Verifikasi dan Penambahan Data Calon Peserta. 

Sejak Desember 2013 sampai 03 Februari 2014, Pkl. 19.00 WIB, diberikan kesempatan kepada PTK untuk meng-update data mereka, khususnya yang berhubungan dengan tanggal lahir, TMT Pendidik, Golongan dan Jenjang Pendidikan Terakhir di Padamu Negeri (klik disini sumbernya). 

Pastikan, anda selalu mengupdate NUPTK anda di Padamu Negeri, Sejahtera Guru Indonesia. !!!

Komentar Via Facebook

About Dedi Erlangga

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: