» » KADISDIK AKUI KURIKULUM 2013 SULITKAN GURU.



" Yang paling berat dan sering dikeluhkan oleh guru adalah mengenai penilaian hasil belajar," ucap Damber saat membuka kegiatan sosialisasi implementasi kurikulum dan kebijakan pendidikan dasar SMP se-Kalteng tahun 2014, beberapa waktu yg lalu.
Selama itu,kata dia, guru hanya memberikan penilaian secara numerik yagng berpatokan pd hasil-hasil ujian siswa. Sementara itu, pada sistem kurikulum 2013 guru harus memberikan penilaian secara kualitatif atau deskriftif.
"Selama ini guru yg mengajar memberikan penilaian selalu numerik kuantitatif.Nah,sekarang, berdasarkan kurikulum ini di ubah dari numerik ke deskriptif."katanya.

Dengan menemukan kesulitan guru tersebut,menurutnya,para guru akan di berikan pelatihan.Namun,pelatihan tersebut tdk hanya mengenai sistem penilaian,tetapi juga seluruh sistem yg berlaku pd kurikulum 2013.
"Kita bekerja sama dengan LPMP akan beri jadwal pelatihan kepada guru. Materinya mulai dr konsep kurikulum.Setiap latihan guru akan dapat 3 bahan,yaitu petunjuk dari pelatihan itu sendiri,buku guru,dan buku murid," ungkapnya.
Damber mengatakan,pemerintah daerha melalui DISDIK terus berupaya agar pada tahun ajaran baru nanti, jumlah sekolah yg siap mengimplementasikan kurikulum 2013 bisa di maksimalkan di semua jenjang.
Damber menilai, peneyelenggaraan Kurikulum 2013 sangat perlu melakukan pelatihan terhadap guru.Sebab,banyak sekali metode dan sistem pembelajaran yg harus di pahami secara mendalam oleh guru sebelum menerapkan kurikulum 2013.
Pembuatan kurikulum 2013 berawal dr banyaknya orang yg mengeluh kalau anak-anak saat ini tidak memiliki keterampilan.Pendidikan di Indonesia baru mengantarkan mereka pada pencapaian tahap pengetahuan.
"Maka ini yang harus diubah melalui kurikulum 2013 yg tidak hanya mengantarkan anak memiliki pengetahuan,namun juga dibekali dgn keterampilan dan sikap yang baik," kata nya.
Palangkaraya - Kepala Dinas Pendidikan ( Kadisdik ) Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ) Damber Liwan mengakui,Penerepan kurikulum baru yg telah di laksanakan pd pertengahan 2013 lalu memang msh menyulitkan beberapa pihak terkait,salah satu nya GURU.
HARIAN UMUM TABENGAN.
Edisi Selasa
Tanggal 01-4-2014
Halaman 16

About Aria Kurnain

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: