» » » Seleksi Pelatihan Profesi Guru (PPG) Tahun 2015

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Apa kabar rekan-rekan guru yang ada di seluruh Indonesia, Salam sukses dan semangat selalu buat rekan-rekan semua.

Kali ini saya akan berbagi informasi dengan rekan-rekan guru sekalian terkait dengan berita tentang sertifikasi guru. Sertifikasi guru adalah proses peningkatan mutu dan uji kompetensi tenaga pendidik dalam mekanisme teknis yang telah diatur oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, yang bekerjasama dengan instansi pendidikan tinggi yang kompeten, yang diakhiri dengan pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah dinyatakan memenuhi standar profesional.

Pada tahun 2015, PPG atau Pendidikan Profesi Guru akan menggantikan PLPG dalam rekrutmen para Guru yang berhak mendapatkan Tunjangan Profesi, pada prosesnya PPG sendiri sedikit berbeda pola dengan PLPG atau cara sebelumnya Portofolio baca Perkembangan Sertifikasi Guru, karena PPG yang kebanyakan dikenal saat ini memiliki syarat untuk menempuh kuliah layaknya kompetensi akademik bagi seorang mahasiswa namun terjadi pada pendidikan profesi Guru, bukan itu saja dengan lulusan kompetensi non pendidikan yang serumpun bisa menjadi Guru yang tersertifikasi asala lulus dalam kuliah PPG ini.

PPG sendiri bukan tanpa kekhawatiran bagi seorang Guru yang masih aktif mengajar, bisa dibayangkan mesti kuliah lagi satu tahun, dengan rincian 6 bulan tatap muka dan 6 bulan praktek lapangan begitu kabar yang berhembus dan beredar tentang mekanisme PPG itu sendiri

  • Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, ini jelas berlaku bagi angkatan diatas tahun tersebut.
  • Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan ini yang bakal kita hadapi bagi guru angkatan 2005 hingga 2015. janji pemerintah untuk menuntaskan sertifikasi guru gunakan peningkatan kompetensi dan kesejahteraan, 
Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan, Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud Syawal Gultom mengatakan, Seleksi peserta sertifikasi guru 2015 akan dilaksanakan sekitar Maret tahun depan Mekanisme dan Tekhnis Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan, yang lulus akan mengikuti pendidikan keguruan di lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) selama dua bulan. Setelah mengikuti pendidikan di LPTK selama dua bulan, guru peserta sertifikasi dikembalikan lagi ke sekolah asal untuk praktek. “Praktek setelah mengikuti pendidikan ini sekitar dua bulan juga,” jelas Syawal.

Setelah praktek di sekolah asal itu, guru tadi kembali ke LPTK untuk mengikuti ujian akhir. Jika dinyatakan lulus, guru bersangkutan akan mendapatkan sertifikat profesi guru. Sertifikat ini adalah salah satu syarat mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG).

Khusus untuk gelombang sertifikasi tahun pertama atau PPG 2015, kuotanya hanya 50 ribu guru. Sedangkan tanggungan sertifikasi guru yang diangkat sebelum 2005 adalah 1,3 juta orang. “Skala prioritasnya akan menggunakan sistem seleksi,” tutur Syawal.

Cara Seleksi Program PPG tahun 2015

Pelaksanaan diperkirakan awal maret tahun depan, dengan perhitungan sebagai berikut:

  1. Bagi Guru PNS, Penghitungan awal masa bekerja menggunakan SK NIP.
  2. Bagi Guru Sekolah Swasta, acuannya adalah SK Pengangkatan Guru Tetap Oleh Yayasan
Beban pendidikan di LPTK antara satu guru dengan guru lainnya juga berbeda. Bagi guru dengan jam terbang mengajar yang tinggi, akan memiliki modal 10 SKS. Sehingga tinggal mengambil kekurangan 26 SKS ketika masa pendidikan di LPTK. Kemendikbud menetapkan total beban pendidikan sertifikasi guru ini sebesar 36 SKS.

Sekian informasi ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel tentang Padamu Negeri, AP2SG, dan Sertifikasi Guru dalam Jabatan.
Disadur dari berbagai sumber.

Komentar via Facebook


About Dedi Erlangga

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar: